Tahun Baru Islam, Kwarran Gajah Selenggarakan Persamu

Tahun Baru Hijriyah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Tahun hijrah Rasullullah tersebut diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriah.

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H, Kwartir Ranting Gajah menggelar Perkemahan Satu Muharram (Persamu) yang bertempat di SD N Boyolali Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Kegiatan berlangsung selama dua hari satu malam dimulai dari Hari Jumat (29/7/2022) dan berakhir Hari Sabtu (30/7/2022).

Persamu Kwarran Gajah diisi dengan kegiatan Pramuka pada umumnya, seperti upacara pembukaan, permainan besar, giat pengetahuan, dan diselipi dengan kegiatan keagaaman contohnya salat berjamaah, mengaji, tausyiah dan membaca doa awa serta akhir tahun bersama.

Harapannya melalui kegiatan ini dapat memeriahkan Tahun Baru Hijriyah 1444 H sebagai tahun baru Islam, menguatkan tali silaturrahim dan memberikan wadah bagi peserta untuk mengembangkan kreasi di bidang kepramukaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *