Ratusan Personil Pramuka Turut Serta dalam Iring-Iringan Prajurit Patang Puluhan

Ratusan Personil Pramuka Kwarcab Demak diturunkan kembali dalam acara Iring-iringan Prajurit Patang Puluhan yang merupakan acara puncak Grebeg Besar Tahun 2022. Iring-iringan prajurit patang puluhan ini merupakan bagian dari tradisi proseso penjamasan pusaka Kanjeng Sunan Kalijaga dan Ziarah.

Prosesi iring-iringan prajurit patang puluhan ini diawali dengan penyerahan bokor yang berisi kembang setaman yang merupakan uba rampe penjamasan dari Bupati Demak Eisti’anah yang bertindak sebagai Adipati Demak Bintoro kepada Ki Lurah Tamtomo untuk segera di bawa menuju pendopo Notobratan Kadilangu. Kemudian bokor tersebut akan diserahkan kepada sesepuh ahli waris kanjeng Sunan Kalijaga.

Iringan prajurit patang puluhan ini tampak meriah karena melibatkan Delman (Dokar) sebanyak 130, penari Zipin dan pemain rebana sebanyak 7 Grup, pemain Kuda Lumping dan Barongan yang jumlahnya ratusan.

Antusias masyarakat begitu besar untuk menyaksikan iring-iringan prajurit patang puluhan ini. Dari pagi masyarakat sudah tumpah ruah di sepanjang jalan dari pendopo Kabupaten Demak sampai di Kadilangu. Hal ini wajar karena dua tahun terakhir kegiatan tradisi ini dilakasanakan secara sederhana dampak dari pandemi covid-19. Untuk mengamankan jalannya iring-iringan prajurit patang puluhan, sekitar 300 personil Pramuka Penegak Kwarcab Demak di turunkan. Mereka membentuk barisan pagar betis yang membentengi rombongan iring-iringan agar tetap kondusif. Semua personil Pramuka Penegak tersebut berasal dari SMA, SMK, MA sekitar Demak dan SAKA di Kwarcab Demak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *