Pramuka Demak Kawal Tumpeng Sembilan

Iring-iringan tumpeng sembilan dan iringan minyak jamas dengan prajurit patangpuluhan merupakan puncak acara perayaan Grebeg Besar Kabupaten Demak tahun 2022. Sabtu (9/7/2022) dilaksanakan iring-iringan tumpeng sembilan dari pendopo Kabupaten Demak menuju serambi Masjid Agung Demak dan dilanjutkan dengan pengajian Umum.

Tepat pukul 20.00 WIB rombongan yang terdiri atas Forkopimda, Kepala OPD beserta eselon 3 se-Kabupaten Demak berjalan mengiringi iring-iringan Tumpeng Sembilan dan Gunungan Rojo Koyo. Dalam iring-iringan tersebut juga dimeriahkan oleh pawai obor, kembang manggar serta grup seni Rebana yang merupakan musik khas Demak.

Tumpeng sembilan atau tumpeng songo memiliki arti tersendiri salah satunya adalah tumpeng berbentuk kerucut menjulang ke atas yang bermakna bahwa manusia harus selalu ingat kepada Allah. Sesuai dengan namanya songo atau sembilan diartikan sebagai seimbol wali yang berjumlah sembilan orang.

Ratusan personil Pramuka Penegak yang berasal dari SMA, SMK, MA serta Satuan Karya di Kwarcab Demak diturunkan guna mengamankan rombongan iring-iringan. Semuanya membentuk barisan pagar betis di jalur yang akan dilewati rombongan dengan rute pendopo Kabupaten Demak hiangga Masjid Agung Demak. Antusias masyarakat yang sangat besar mengharuskan setiap personil untuk sigap dalam melaksanakan tugas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *