Kwarcab Demak cetak 100 lebih Pramuka Garuda

Masa pandemi tak menyurutkan langkah adik-adik dalam mengasah dan mengembangkan diri. Hal ini terlihat dari antusias adik-adik dalam mengikuti seleksi Pramuka Garuda 2 hari ini. Kwartir Cabang Demak menyelenggarakan seleksi Pramuka Garuda pada 24 dan 25 September 2020 bertempat di Sangar Pramuka Demak. Kegiatan di buka oleh Waka Kwarcab bidang Bina Muda kak Drs. H. Anjar Gunadi, M.Pd. pada Kamis, 24 September 2020 di halaman Sanggar Pramuka.

Sebanyak 261 Pramuka mengikuti proses seleksi di Kwartir Cabang Demak yang terbagi menjadi tiga sesi. Dari 261 calon pramuka garuda tersebut terdiri dari 104 Pramuka Siaga, 90 Pramuka Penggalang, dan 67 Pramuka Penegak dari berbagai pangkalan yang tersebar dari 14 Kwartir Ranting se Kabupaten Demak.

Dalam proses seleksi ini masing-masing golongan dibentuk tim penilai yang terdiri dari Kwarcab, Kwarran, Gudep, Orang tua/tokoh masyarakat setempat. Adapun tim dari masing-masing golongan dari Kwarcab adalah Kak Janoko Slamet, kak Yuli, kak Nusa, dan komputer oleh Kak Desi dibantu DKC untuk tim Siaga, untuk tim Penggalang adalah kak Sigit, kak Saefur, komputer oleh Kak Purwito, dan bahasa Oleh Kak Hima dan Fatim. Sedangkan tim Penegak adalah Kak Asror, Kak Faiq, bahasa oleh Kak Lila , dan computer Kak Sapto.

Kegiatan berjalan dengan lancar walaupun sampai malam, namun semangat adik-adik dalam mengikuti seleksi ini patut diapresiasi dan dibanggakan. Adapun materi seleksi meliputi pencapaian SKU tertinggi di masing-masing tingkatan, memiliki TKK baik purwa, madya dan utama, membuat hasta karya, penguasaan komputer, dan di tambah dengan penguasaan bahasa bagi penggalang dan penegak. Tim melakukan wawancara langsung kepada para calon pramuka garuda yang sebelumnya telah di nilai oleh pembina, dan kwarran masing-masing.

Dan pada akhirnya sebanyak 261 dikukuhkan sebagai Pramuka Garuda oleh kak H. Natsir, S.Ag.,MM.,M.Pd. selaku Ketua Kwartir Cabang Demak. Para peserta yang dikukuhkan didampingi oleh orang tua dan pembina gugus depan masing-masing.
Dalam sambutannya Ketua Kwarcab menyampikan ” Tanda Kecakapan Pramuka Garuda merupakan suatu bentuk Kiasan Dasar lambang kegagahan, kemandirian, kekuatan yang diharapkan dapat memberi kebanggaan bagi Pramuka sebagai ”Garuda Nusantara” yang senantiasa meningkatkan kualitas dirinya secara berkesinambungan dengan tetap melaksanakan Satya dan Darma Pramuka”.
”Menjadi Pramuka garuda diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anggota muda Gerakan Pramuka agar selalu mengamalkan Satya dan Darma Pramuka dan dapat menjadi teladan yang baik, serta senantiasa meningkatkan kecakapan dan keterampilannya serta sikap dan tindakannya, sehingga menjadi manusia yang bermanfaat dan peduli terhadap lingkungannya bagi sesama anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat luas”. Imbuhnya.

Semoga pada tahun-tahun mendatang, Kwartir Cabang Demak mampu mencetak lebih banyak dan lebih berkualitas lagi. Selamat adik-adikku….. patuhi satya kalian….. amalkan dhasa dharma kalian….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *