Kak Haris Waka Orhum Kwarcab Demak Sebagai Lurah Tamtomo

Salah satu acara puncak perayaan Grebeg Besar Kabupaten Demak tahun 2022 adalah Iring-iringan minyak  jamnas dengan prajurit patang puluhan. Acara dilaksanakan Minggu pagi (10/7/2022) di Pendopo Kabupaten dan dihadiri oleh Bupati Demak beserta Forkopimda, Kepala OPD dan Eselon 3 se-Kabupaten Demak.

Prosesi diawali dengan penyerahan bokor kembang setaman setaman sebagai uba rampe penjamasan dari Bupati Demak Eisti’anah sebagai Adibati Demak Bintoro kepada Ki Lurah Tamtomo untuk dibawa menuju pendopo Notobratan Kadilangu. Kemudian bokor tersebut akan diserahkan kepada sesepuh ahli waris kanjeng Sunan Kalijaga.

Lurah Tamtomo adalah tokoh pada Kasultanan Bintoro Demak yang mendapat amanah dari Kanjeng Bupati Demak untuk membawa bokor uba rampe bunga setaman dan minyak jamas dan menyerahkan kepada sesepuh Kadilangu sesepuh Kadilangu selaku ahli waris Kanjeng Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak. Dalam perjalanannya Ki Lurah Tamtomo didampingi oleh dua orang pengapit dan di kawal oleh prajurit patangpuluhan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, acara iring-iringan prajurit patangpuluhan tahun 2022 yang bertindak sebagai Lurah Tamtomo adalah Kakak Haris Wahyudi Ridwan, AP, M.Si, Waka Oraganisasi dan Hukum Kwarcab Demak. Dalam kesehariannya beliau berdinas di Bonang, Demak sebagai Camat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *